Atenolol merupakan obat buat menanggulangi perih dada serta merendahkan titik berat darah pada pengidap darah tinggi. Obat ini pula dapat dipakai dalam penyembuhan kendala aksen jantung( aritmia) serta pemeliharaan sehabis serbuan jantung.

Atenolol tercantum ke dalam kalangan penghalang beta( beta blocker). Obat ini bertugas dengan metode melambatkan debar jantung serta merendahkan daya jantung dalam memompa darah alhasil titik berat darah juga menyusut. Bersamaan berkurangnya kegiatan jantung, hingga resiko terbentuknya angina pula hendak menyusut.

Peringatan Saat sebelum Komsumsi Atenolol

Atenolol tidak bisa dipakai asal- asalan. Selanjutnya ini merupakan keadaan yang butuh Kamu cermati saat sebelum memakai atenolol:

Janganlah memakai atenolol bila mempunyai alergi kepada obat ini. Kasih ketahui dokter riwayat alergi yang Kamu punya.

Kasih ketahui dokter bila sempat ataupun lagi mengidap pheochromocytoma, sesak napas, PPOK, diabet, hipertirodisme, penyakit ginjal, myasthenia gravis, penyakit batin.

Kasih ketahui dokter bila sempat ataupun lagi mengidap penyakit jantung serta pembuluh darah khusus, semacam kandas jantung, kendala aksen jantung( aritmia), bradikardia, penyakit jantung koroner, penyakit nadi perifer, ataupun sindrom Raynaud.

Janganlah langsung memandu alat transportasi ataupun melaksanakan aktivitas yang membutuhkan kesiapsiagaan sehabis komsumsi atenolol, sebab obat ini bisa bisa menimbulkan pusing.

Kasih ketahui dokter bila Kamu lagi komsumsi Atenolol saat sebelum menempuh metode pembedahan, tercantum pembedahan gigi.

Kasih ketahui dokter bila Kamu lagi berbadan dua, bisa jadi berbadan dua, menyusui, ataupun lagi merancang kehamilan.

Maanfaatkan perlengkapan kontrasepsi sepanjang memakai atenolol. Konsultasikan ke dokter hal perlengkapan kontrasepsi yang sangat efisien untuk Kamu.

Kasih ketahui dokter bila lagi komsumsi obat, komplemen, ataupun produk herbal khusus, buat mengestimasi terbentuknya interaksi obat.

Jalani pengawasan dengan cara teratur cocok agenda yang diserahkan oleh dokter sepanjang menempuh penyembuhan dengan atenolol. Tujuannya merupakan supaya situasi serta jawaban pengobatan dapat lebih terpantau.

Lekas temui dokter bila hadapi respon alergi obat, dampak sisi yang sungguh- sungguh, ataupun overdosis sehabis memakai atenolol.

Takaran serta Ketentuan Gunakan Atenolol

Atenolol wajib dipakai cocok dengan formula dokter. Selanjutnya ini merupakan takaran Atenolol pada orang berusia bersumber pada situasi yang hendak ditangani:

Situasi: Hipertensi

Selaku obat tunggal ataupun campuran dengan obat lain, dosisnya 25–100 miligram, 1 kali satu hari. Takaran bisa dicocokkan bersumber pada situasi serta jawaban penderita kepada penyembuhan.

Situasi: Angina pektoris

Takaran dini 50 miligram, 1 kali satu hari. Takaran bisa dicocokkan bersumber pada situasi serta jawaban penderita kepada penyembuhan. Takaran pemeliharaan pada biasanya merupakan 50–100 miligram, 1 kali satu hari.

Situasi: Kendala aksen jantung( aritmia)

Takaran pemeliharaan 50–100 miligram, 1 kali satu hari, diserahkan sehabis aritmia terkendali.

Situasi: Serbuan jantung

Takaran pemeliharaan 100 miligram, 1 kali satu hari, diserahkan sehabis situasi penderita normal.

Metode Komsumsi Atenolol dengan Benar

Senantiasa ikuti imbauan dokter serta baca instruksi yang ada pada bungkusan obat saat sebelum komsumsi atenolol. Janganlah menaikkan ataupun kurangi takaran, ataupun mengakhiri penyembuhan dengan atenolol tanpa bertanya dengan dokter.

Atenolol bisa disantap saat sebelum ataupun sehabis makan. Telan pil ataupun kapsul atenolol dengan dorongan air putih. Kasih sela waktu 4 jam saat sebelum ataupun setelah komsumsi atenolol bila mau minum juice apel ataupun juice sitrus. Perihal ini buat menghindari kendala absorbsi atenolol oleh badan.

Konsumsilah atenolol dengan cara teratur pada durasi yang serupa tiap harinya. Bila Kamu kurang ingat komsumsi atenolol, lekas mengkonsumsi obat ini apabila belum mendekati agenda selanjutnya. Bila telah dekat, abaikan takaran yang terlampaui serta janganlah melipatgandakan takaran berikutnya.

Supaya penyembuhan efisien, mengkonsumsi atenolol butuh dibarengi dengan style hidup segar. Konsumsilah santapan bergizi balance serta mengurangi mengkonsumsi garam setiap hari Kamu. Jalani pula berolahraga dengan cara teratur. Tidak hanya itu, konsultasikan dengan dokter hal pola makan serta berolahraga yang sempurna buat situasi Kamu.

Simpan atenolol di media tertutup dalam temperatur ruangan, di tempat yang kering, serta bebas dari sinar mentari. Hindarkan obat ini dari capaian kanak- kanak.

Interaksi Atenolol dengan Obat Lain

Pemakaian atenolol berbarengan dengan obat- obat lain bisa memunculkan sebagian dampak interaksi, antara lain:

Kenaikan resiko terbentuknya hipotensi berat, denyut jantung lelet( bradikardia), ataupun kandas jantung, bila dipakai dengan diltiazem ataupun verapamil

Kenaikan dampak penyusutan titik berat darah bila dipakai bersama nifedipine ataupun amlodipine

Kenaikan resiko terbentuknya bradikardia bila dipakai dengan obat digitalis glikosida, semacam digoxin

Kenaikan resiko terbentuknya hipotensi serta kendala aksen jantung bila dipakai berbarengan dengan clonidine

Kenaikan resiko terbentuknya kendala jantung dalam memompa darah bila dipakai dengan amiodarone

Kenaikan resiko terbentuknya kendala jantung serta pembuluh darah dikala pembedahan bila dipakai dengan bius biasa, semacam methoxyflurane

Kenaikan dampak penyusutan kandungan gula darah dari obat diabet minum ataupun insulin suntik

Penyusutan dampak obat atenolol bila dipakai bersama obat antiinflamasi nonsteroid( OAINS), semacam ibuprofen ataupun indometacin

Penyusutan daya guna obat dekongestan khusus, semacam phenylephrine ataupun ephedrine

Dampak sisi serta Ancaman Atenolol

Selanjutnya ini merupakan sebagian dampak sisi yang bisa terjalin sehabis komsumsi atenolol:

Lelah

Mual

Tangan ataupun kaki terasa dingin

Atmosfer batin yang kurang baik ataupun merasa depresi

Memeriksakan diri ke dokter bila dampak sisi itu tidak menyambangi berhenti ataupun meningkat akut. Lekas ke dokter bila hadapi respon alergi obat ataupun dampak sisi sungguh- sungguh di dasar ini:

Timbul perih dada ataupun perih dada yang dialami meningkat parah

Debar jantung lelet ataupun tidak teratur

Pening semacam hendak pingsan

Jemari kaki ataupun tangan pucat ataupun kebiruan

Nafas pendek

Bengkak di tungkai

Berat tubuh meningkat dengan cepat

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *